gambar

gambar

Rabu, 10 September 2014

KAWASAKI ZX 130 TUNGGANGANKU

Kawasaki ZX 130 merupakan salah satu jenis motor bebek yang diproduksi produsen kawasaki yang lebih inovatif bila dibandingkan dengan motor bebek sekelasnya. Selain itu motor bebek kawasaki yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur yang canggih, dimana fitur-fitur tersebut masih jarang digunakan motor bebek lainnya. Ditambah dengan tempat penyimpanan atau bagasi yang luas, yang dapat anda tempati dengan berbagai macam benda, termasuk helm bisa anda masukan kedalam bagasi motor kawasaki yang satu ini.
modifikasi motor kawasaki zx 130
Dan yang membuat motor ini semakin berbeda dengan motor bebek lainnya ialah pada tangki bahan bakar, yang mana umumnya tangki bahan bakar terletak di bagian bawah jok motor. Namun untuk motor kawasaki zx ini, tangki motornya terdapat pada bagian depan motor. Sehingga anda tidak perlu turun dari motor ketika anda ingin melakukan pengisian bahan bakar. Dan tipe mesin yang digunakan pada motor ini adalah mesin 4 tak SOHC dengan menggunakan dua katup pada silindirnya, sehingga motor ini akan cukup irit bahan bakar, dan pastinya lebih ramah lingkungan.

SETIAP PRODUCT BUATAN MANUSIA PASTI ADA KEUNGGULAN DAN KEKURANGANNYA

Kalau Kawasaki Kaze ZX 130 ini secara umum punya kelebihan di desain, rasio kompresi mesin, & peletakkan tangki bahan bakar.

Namun nanti dalam ulasan saya dari 3 faktor tadi juga bisa menjadi point kelemahan dari ZX 130.

Dari segi desain, ZX 130 adalah bebek yang cukup gambot / besar, desainnya berbeda dengan bebek pada umumnya (walaupun tetap murni bebek ; berbeda dengan Satria F semisal yang sudah merupakan bebek sport).

Kontur bodynya tajam-tajam, dominan mengotak, terkesan tebal dan gagah untuk kelas motor bebek.

Kemudian dari segi rasio kompresi mesin, ZX 130 punya rasio kompresi 10:1, yang bisa dibilang cukup tinggi. Tentunya rasio kompresi semakin tinggi akan meningkatkan peforma dan efisiensi kerja dari mesin (umumnya kendaraan bebek lainnya rasio kompresi di kisaran 9:1 saja ; kecuali seperti Satria F, Jupiter MX, dsm yang sudah di atas 10:1).

Kekurangan dari ZX 130 ini adalah, rasio kompresi tinggi tapi pendinginan masih pakai udara. Tentunya akan ada kecenderungan lebih mudah overheat / panas berlebihan dibanding kendaraan lain yang raiso kompresinya masih di kisar 9:1 yang berpendingin udara juga (namun menurut saya tidak terlalu bermasalah, karena Satria F saja yang rasio kompresinya 10,2 masih aman pakai pendingin udara , namun dibantu oleh oil cooler).

Rasio kompresi sekian (10:1) wajib pakai bahan bakar oktan 92 ke atas. Yakni Pertamax, Super (Shell), dsm. Penggunaan bahan bakar di bawah oktan 92 akan menyebabkan kemungkinan knocking / mengelitik pada mesin besar, mengeletik adalah indikasi tidak sempurnanya pembakaran karena tidak sesuainya bahan bakar, efeknya adalah peforma akan turun jika dibandingkan dengan ketika menggunakan bahan bakar yang sesuai.

Lalu dari peletakkan tangki, tentunya ini fitur yang cukup membuat pengendara nyaman, karena ketika mengisi bensin tidak perlu membuka jok (tangki di depan). Melihat kondisi di luar normal, semisal tabrakan, dsm, tentunya ya bisa jadi memang lebih bahaya bila tangki ada di depan, apalagi kabel-kabel, lampu, dsm dekat dengan tangki.

Tapi saya tekankan, itu kan kondisi tidak normal, sewajarnya penggunaan semestinya hati-hati dan siapa pula yang ingin menabrakkan motornya. Dan dari perancangannya pun kalau memang menabrak, pasti sudah dipertimbangkan faktor kekuatannya supaya tidak sampai segitunya (meledak, dsm). Kendaraan lain pun kalau tabrakannya ekstrim juga mungkin timbul ledakkan, dsm.

Mengingat anda membeli ZX 130 kondisi bekas, saya sarankan cek total kalau bisa ajak rekan yang mengerti supaya tidak tertipu bila ada point yang cacat, dsm (tentunya ini berlaku untuk membeli apapun yang sifatnya bekas).

Harga purnajual kendaraan-kendaraan Kawasaki dari dulu memang tidak sebaik Yamaha dan Honda, ataupun Suzuki. Ini dikarenakan populasinya paling sedikit, pun peminatnya.

Kelebihannya adalah, berarti beli bekasnya pun lebih murah.

Terkait sparepart, ya tentu saja sesuatu yang populasinya lebih sedikit maka sentra yang menjual sparepart juga lebih sedikit, karena itu pula harganya juga mahal. Namun sepengetahuan saya, justru itu kelebihan Kawasaki, sparepart genuine Kawasaki jarang dipalsu dari pada merk Honda & Yamaha.

Terkait perawatan nantinya, sama kok kayak motor bebek umumnya, untuk perawatan sektor tangki jangan lupa lumasi bagian-bagian yang bergerak (di ZX kan bagian depannya menuas bila tangki dibuka, nah itu perlu dilumasi biar tidak macet). Pelumasannya bukan pakai oli, tapi lebih ke ranah dibersihkan semisal pakai penetran semprot WD40, dsm.

Gambar Motor Kawasaki ZX 130 Modifikasi



























Selain itu motor kawasaki zx ini juga sering dijadikan sebagai motor modifikasi, ada banyak konsep modifikasi yang dapat diterapkan pada motor ini. Baik itu gaya sporty, touring, dan lainnya. Dan bagi anda yang ingin mencoba memodifikasi motor kawasaki yang satu ini, mungkin dari beberapa gambar Motor Kawasaki ZX 130 Modifikasi yang baru kami berikan diatas ini dapat memberikan anda inspirasi, mengenai modifikasi yang akan anda terapkan pada motor milik anda.
Advertisement

Buat Pemilik dan Pengendara KAWASAKI ZX 130  tidak perlu berkecil hati bila harus bersandingan dengan motor keluaran terbaru yang makin elite baik dari bentuk maupun kualitasnya akan tetapi kita pengguna kawasaki zx 130 ternya bisa menaikkan kualitas melebihi rata motor yang ber cc diatas 150.

 
SPESIFIKASI KAWASAKI ZX 130 STANDAR

 Type Mesin : 4 langkah, SOHC 2 Katup
Diameter x Langkah : 53,0 x 59,1mm
Jumlah & Isi Silinder : Satu buah & 130cc
Perbandingan Kompresi : 10 : 1
Daya Maksimum : 7,4 KW ( 10,1 PS ) / 7.500 RPM
Torsi Maksimum : 10,7 Nm / 5.500 RPM
Karburator : Keihin NCV24
Sistem Starter : Electric&Kick Starter
Jumlah Transmisi : 4 speed
Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4
Tipe Sistem Reduksi Primer : Gear
Kopling : Centrifugal, Wet multi disc
Tipe sistem final drive : Chain drive
Rasio reduksi : 3.000 ( 42/14 )
Drive rasio keseluruhan : 8.694 @ top gear
Sistem Pengapian : DC-CDI
Sistem Pelumasan Oli : Forced Lubrication ( Wet Sump )
Sistem Pendinginan : Pendinginan dengan udara
Sistem Penyaringan Oli : Double Filter
Kapasitas Pelumas Mesin : 1,1 liter ( kering )
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 3,7 liter
Busi : NGK C6HSA / ND U20FS-U
PanjangxlebarxTinggi : 1904mm x 709mm x 1050mm
Tinggi Tempat Duduk : 752mm
Jarak Poros Roda : 1.248mm
Jarak terendah ke tanah : 142mm
Berat kosong : 104 kg
Tipe Rangka : Pipe Backbone
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ukuran Ban Depan : 70/90 – 17M / C 38P
Ukuran Ban Belakang : 80/90 – 17M / C 44P
Rem Depan : Cakram Twin Pot
Rem Belakang : Drum / Tromol
Pelek Roda : Spoke / Jari-jari, Cast Wheel
Battery MF : Sealed Battery ( B.Kering ) 12 V 3.5 Ahs

SPESIFIKASI  DAN MODIFIKASI KAWASAKI ZX 130 G

piston ZX oversize 100 jadi 135 cc
cam original
karbu PE 26 modif di kabel gas ama choke tarik punya NSR SP, juga per skep di ganti punya Ninja R (PWL26) PJ 35 MJ 95
Porting Polish box filter tambah lubang udara
Papas blok 0,4 ama head (cacat pabrik terpaksa di ratain supaya ga bocor terus)
Bearing krukas SKF C4 (high speed buat ngurangin beban)
CDI XP 301 MC 8 power Koil CMC 5A cop busi mobil NGk
magnet pengirit bensin X Power XP2000
Capasitor 22000uf/80V accu Yuasa YTX5L-BS 4A
Lampu osram 25/25
Ban depan Comet M1 80/90 belakang MP76 90/80
gear ratio TK 14:40 rante 415 DID gold
knalpot standard bobokan
klakson Denso Kijang + rellay
saklar push ON buat ngedim
kampas kopling binter ar125
per klep racing TK (dobel)
per kopling di ganjel ring



4 komentar :

  1. kpingin modiv sprti itu...gagah sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau ganti ban belakang 90 ato ga 100 tp khawatir mentok sm box bagasinya, bisa ga boxnya dilepas? space ban jadi sempit gara2 itu

      Hapus
  2. Kawasaki zx 130 aku kalo diselah kadang ngeplosss...kira kira apanya ya gan


    BalasHapus
  3. Berapa perkiraan biaya total mofiv spt itu? Dimana ini alamatnya?

    BalasHapus