Kawasaki ZX 130
merupakan salah satu jenis motor bebek yang diproduksi produsen
kawasaki yang lebih inovatif bila dibandingkan dengan motor bebek
sekelasnya. Selain itu motor bebek kawasaki yang satu ini juga sudah
dilengkapi dengan sejumlah fitur yang canggih, dimana fitur-fitur
tersebut masih jarang digunakan motor bebek lainnya. Ditambah dengan
tempat penyimpanan atau bagasi yang luas, yang dapat anda tempati dengan
berbagai macam benda, termasuk helm bisa anda masukan kedalam bagasi
motor kawasaki yang satu ini.

Dan
yang membuat motor ini semakin berbeda dengan motor bebek lainnya ialah
pada tangki bahan bakar, yang mana umumnya tangki bahan bakar terletak
di bagian bawah jok motor. Namun untuk
motor kawasaki
zx ini, tangki motornya terdapat pada bagian depan motor. Sehingga anda
tidak perlu turun dari motor ketika anda ingin melakukan pengisian
bahan bakar. Dan tipe mesin yang digunakan pada motor ini adalah mesin 4
tak SOHC dengan menggunakan dua katup pada silindirnya, sehingga motor
ini akan cukup irit bahan bakar, dan pastinya lebih ramah lingkungan.
SETIAP PRODUCT BUATAN MANUSIA PASTI ADA KEUNGGULAN DAN KEKURANGANNYA
Kalau Kawasaki Kaze ZX 130 ini secara umum punya kelebihan di desain,
rasio kompresi mesin, & peletakkan tangki bahan bakar.
Namun nanti dalam ulasan saya dari 3 faktor tadi juga bisa menjadi point kelemahan dari ZX 130.
Dari segi desain, ZX 130 adalah bebek yang cukup gambot / besar,
desainnya berbeda dengan bebek pada umumnya (walaupun tetap murni bebek ;
berbeda dengan Satria F semisal yang sudah merupakan bebek sport).
Kontur bodynya tajam-tajam, dominan mengotak, terkesan tebal dan gagah untuk kelas motor bebek.
Kemudian dari segi rasio kompresi mesin, ZX 130 punya rasio kompresi
10:1, yang bisa dibilang cukup tinggi. Tentunya rasio kompresi semakin
tinggi akan meningkatkan peforma dan efisiensi kerja dari mesin (umumnya
kendaraan bebek lainnya rasio kompresi di kisaran 9:1 saja ; kecuali
seperti Satria F, Jupiter MX, dsm yang sudah di atas 10:1).
Kekurangan dari ZX 130 ini adalah, rasio kompresi tinggi tapi
pendinginan masih pakai udara. Tentunya akan ada kecenderungan lebih
mudah overheat / panas berlebihan dibanding kendaraan lain yang raiso
kompresinya masih di kisar 9:1 yang berpendingin udara juga (namun
menurut saya tidak terlalu bermasalah, karena Satria F saja yang rasio
kompresinya 10,2 masih aman pakai pendingin udara , namun dibantu oleh
oil cooler).
Rasio kompresi sekian (10:1) wajib pakai bahan bakar oktan 92 ke atas.
Yakni Pertamax, Super (Shell), dsm. Penggunaan bahan bakar di bawah
oktan 92 akan menyebabkan kemungkinan knocking / mengelitik pada mesin
besar, mengeletik adalah indikasi tidak sempurnanya pembakaran karena
tidak sesuainya bahan bakar, efeknya adalah peforma akan turun jika
dibandingkan dengan ketika menggunakan bahan bakar yang sesuai.
Lalu dari peletakkan tangki, tentunya ini fitur yang cukup membuat
pengendara nyaman, karena ketika mengisi bensin tidak perlu membuka jok
(tangki di depan). Melihat kondisi di luar normal, semisal tabrakan,
dsm, tentunya ya bisa jadi memang lebih bahaya bila tangki ada di depan,
apalagi kabel-kabel, lampu, dsm dekat dengan tangki.
Tapi saya tekankan, itu kan kondisi tidak normal, sewajarnya penggunaan
semestinya hati-hati dan siapa pula yang ingin menabrakkan motornya. Dan
dari perancangannya pun kalau memang menabrak, pasti sudah
dipertimbangkan faktor kekuatannya supaya tidak sampai segitunya
(meledak, dsm). Kendaraan lain pun kalau tabrakannya ekstrim juga
mungkin timbul ledakkan, dsm.
Mengingat anda membeli ZX 130 kondisi bekas, saya sarankan cek total
kalau bisa ajak rekan yang mengerti supaya tidak tertipu bila ada point
yang cacat, dsm (tentunya ini berlaku untuk membeli apapun yang sifatnya
bekas).
Harga purnajual kendaraan-kendaraan Kawasaki dari dulu memang tidak
sebaik Yamaha dan Honda, ataupun Suzuki. Ini dikarenakan populasinya
paling sedikit, pun peminatnya.
Kelebihannya adalah, berarti beli bekasnya pun lebih murah.
Terkait sparepart, ya tentu saja sesuatu yang populasinya lebih sedikit
maka sentra yang menjual sparepart juga lebih sedikit, karena itu pula
harganya juga mahal. Namun sepengetahuan saya, justru itu kelebihan
Kawasaki, sparepart genuine Kawasaki jarang dipalsu dari pada merk Honda
& Yamaha.
Terkait perawatan nantinya, sama kok kayak motor bebek umumnya, untuk
perawatan sektor tangki jangan lupa lumasi bagian-bagian yang bergerak
(di ZX kan bagian depannya menuas bila tangki dibuka, nah itu perlu
dilumasi biar tidak macet). Pelumasannya bukan pakai oli, tapi lebih ke
ranah dibersihkan semisal pakai penetran semprot WD40, dsm.
Gambar Motor Kawasaki ZX 130 Modifikasi
Selain itu motor kawasaki zx ini juga sering dijadikan sebagai motor
modifikasi, ada banyak konsep modifikasi yang dapat diterapkan pada
motor ini. Baik itu gaya sporty, touring, dan lainnya. Dan bagi anda
yang ingin mencoba memodifikasi motor kawasaki yang satu ini, mungkin
dari beberapa gambar
Motor Kawasaki ZX 130 Modifikasi
yang baru kami berikan diatas ini dapat memberikan anda inspirasi,
mengenai modifikasi yang akan anda terapkan pada motor milik anda.
Advertisement
Buat Pemilik dan Pengendara KAWASAKI ZX 130 tidak perlu berkecil hati bila harus bersandingan dengan motor keluaran terbaru yang makin elite baik dari bentuk maupun kualitasnya akan tetapi kita pengguna kawasaki zx 130 ternya bisa menaikkan kualitas melebihi rata motor yang ber cc diatas 150.
SPESIFIKASI KAWASAKI ZX 130 STANDAR
Type Mesin : 4 langkah, SOHC 2 Katup
Diameter x Langkah : 53,0 x 59,1mm
Jumlah & Isi Silinder : Satu buah & 130cc
Perbandingan Kompresi : 10 : 1
Daya Maksimum : 7,4 KW ( 10,1 PS ) / 7.500 RPM
Torsi Maksimum : 10,7 Nm / 5.500 RPM
Karburator : Keihin NCV24
Sistem Starter : Electric&Kick Starter
Jumlah Transmisi : 4 speed
Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4
Tipe Sistem Reduksi Primer : Gear
Kopling : Centrifugal, Wet multi disc
Tipe sistem final drive : Chain drive
Rasio reduksi : 3.000 ( 42/14 )
Drive rasio keseluruhan : 8.694 @ top gear
Sistem Pengapian : DC-CDI
Sistem Pelumasan Oli : Forced Lubrication ( Wet Sump )
Sistem Pendinginan : Pendinginan dengan udara
Sistem Penyaringan Oli : Double Filter
Kapasitas Pelumas Mesin : 1,1 liter ( kering )
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 3,7 liter
Busi : NGK C6HSA / ND U20FS-U
PanjangxlebarxTinggi : 1904mm x 709mm x 1050mm
Tinggi Tempat Duduk : 752mm
Jarak Poros Roda : 1.248mm
Jarak terendah ke tanah : 142mm
Berat kosong : 104 kg
Tipe Rangka : Pipe Backbone
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ukuran Ban Depan : 70/90 – 17M / C 38P
Ukuran Ban Belakang : 80/90 – 17M / C 44P
Rem Depan : Cakram Twin Pot
Rem Belakang : Drum / Tromol
Pelek Roda : Spoke / Jari-jari, Cast Wheel
Battery MF : Sealed Battery ( B.Kering ) 12 V 3.5 Ahs
SPESIFIKASI DAN MODIFIKASI KAWASAKI ZX 130 G
piston ZX oversize 100 jadi 135 cc
cam original
karbu PE 26 modif di kabel gas ama choke tarik punya NSR SP, juga per skep di ganti punya Ninja R (PWL26) PJ 35 MJ 95
Porting Polish box filter tambah lubang udara
Papas blok 0,4 ama head (cacat pabrik terpaksa di ratain supaya ga bocor terus)
Bearing krukas SKF C4 (high speed buat ngurangin beban)
CDI XP 301 MC 8 power Koil CMC 5A cop busi mobil NGk
magnet pengirit bensin X Power XP2000
Capasitor 22000uf/80V accu Yuasa YTX5L-BS 4A
Lampu osram 25/25
Ban depan Comet M1 80/90 belakang MP76 90/80
gear ratio TK 14:40 rante 415 DID gold
knalpot standard bobokan
klakson Denso Kijang + rellay
saklar push ON buat ngedim
kampas kopling binter ar125
per klep racing TK (dobel)
per kopling di ganjel ring