gambar

gambar

Rabu, 10 September 2014

DISIPLIN KUNCI KESELAMATAN BERKENDARA

PERNAH saya mendengar sebuah penelitian bahwa sekitar 60% korban kecelakaan lalu lintas jalan terkena imbas finansial. Rasanya masuk akal. Paling tidak, korban kecelakaan lalu lintas jalan harus mengeluarkan biaya untuk berobat atau memperbaiki kendaraan.
Lebih jauh lagi, jika korban kecelakaan adalah tiang ekonomi keluarga, boleh jadi keuangan keluarga bakal terganggu. Saya yakin, mayoritas korban kecelakaan lalu lintas jalan bakal merasakan hal itu.
Di wilayah Polda Metro Jaya, sepanjang Januari-Februari 2011, terlihat bahwa sekitar 68,71% dari 946 pelaku kecelakaan adalah karyawan swasta. Tak aneh jika kemudian yang menjadi korban pun mayoritas dari kalangan ini. Tercatat, dari sekitar 1.536 korban kecelakaan, sekitar 81,45% adalah karyawan swasta.
 
Bisa kebayang jika mereka adalah tiang ekonomi keluarga? Atau, salah satu karyawan yang berperan besar bagi perusahaan tempatnya bekerja. Praktis, produktifitas perusahaan pun bakal terusik.
Ironisnya, dari total korban meninggal dunia pada dua bulan pertama 2011, sekitar 81,93% adalah para karyawan swasta. Sedangkan yang luka berat mencapai sekitar 84,05% dan luka ringan sekitar 80,31%. Kesemuanya dibandingkan dengan total korban masing-masing jenis luka.

Pengemudi dan Pelajar
Selain karyawan swasta, pelaku kecelakaan lalu lintas jalan di wilayah Polda Metro Jaya sepanjang Januari-Februari 2011 adalah pengemudi (13,64%) dan pelajar (12,68%). Selain itu, mahasiswa (3,49%), pegawai negeri sipil alias PNS (1,16%), dan TNI/Polri (0,32%).
Jika melihat penyebab kecelakaan yang mayoritas adalah perilaku manusia, yakni sekitar 90,33%, lantas dikaitkan dengan profesi pelaku kecelakaan lalu lintas jalan, terlihat bahwa profesi TNI/Polri cenderung amat kecil. Kita semua tahu, profesi tersebut dididik untuk disiplin di instansinya. Kedisiplinan menjadi kunci dalam tindak tanduk para aparat penegak hukum tersebut. Boleh jadi, budaya disiplin menjadi kunci keselamatan utama saat berkendara di jalan.

 



Mungkin saja ada faktor lain. Misalnya, populasi karyawan swasta lebih besar dibandingkan TNI. Sehingga, pelaku kecelakaan lalu lintas jalan lebih banyak adalah dari kalangan swasta.
Namun, kembali lagi, melihat penyebab utama kecelakaan lalu lintas jalan di Jakarta adalah perilaku pengendara, rasanya tak berlebihan jika kita mulai disiplin dari diri sendiri. Disiplin atas aturan yang ada. Tentu saja, demi kenyamanan dan keselamatan semua pengguna jalan

KAWASAKI ZX 130 TUNGGANGANKU

Kawasaki ZX 130 merupakan salah satu jenis motor bebek yang diproduksi produsen kawasaki yang lebih inovatif bila dibandingkan dengan motor bebek sekelasnya. Selain itu motor bebek kawasaki yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur yang canggih, dimana fitur-fitur tersebut masih jarang digunakan motor bebek lainnya. Ditambah dengan tempat penyimpanan atau bagasi yang luas, yang dapat anda tempati dengan berbagai macam benda, termasuk helm bisa anda masukan kedalam bagasi motor kawasaki yang satu ini.
modifikasi motor kawasaki zx 130
Dan yang membuat motor ini semakin berbeda dengan motor bebek lainnya ialah pada tangki bahan bakar, yang mana umumnya tangki bahan bakar terletak di bagian bawah jok motor. Namun untuk motor kawasaki zx ini, tangki motornya terdapat pada bagian depan motor. Sehingga anda tidak perlu turun dari motor ketika anda ingin melakukan pengisian bahan bakar. Dan tipe mesin yang digunakan pada motor ini adalah mesin 4 tak SOHC dengan menggunakan dua katup pada silindirnya, sehingga motor ini akan cukup irit bahan bakar, dan pastinya lebih ramah lingkungan.

SETIAP PRODUCT BUATAN MANUSIA PASTI ADA KEUNGGULAN DAN KEKURANGANNYA

Kalau Kawasaki Kaze ZX 130 ini secara umum punya kelebihan di desain, rasio kompresi mesin, & peletakkan tangki bahan bakar.

Namun nanti dalam ulasan saya dari 3 faktor tadi juga bisa menjadi point kelemahan dari ZX 130.

Dari segi desain, ZX 130 adalah bebek yang cukup gambot / besar, desainnya berbeda dengan bebek pada umumnya (walaupun tetap murni bebek ; berbeda dengan Satria F semisal yang sudah merupakan bebek sport).

Kontur bodynya tajam-tajam, dominan mengotak, terkesan tebal dan gagah untuk kelas motor bebek.

Kemudian dari segi rasio kompresi mesin, ZX 130 punya rasio kompresi 10:1, yang bisa dibilang cukup tinggi. Tentunya rasio kompresi semakin tinggi akan meningkatkan peforma dan efisiensi kerja dari mesin (umumnya kendaraan bebek lainnya rasio kompresi di kisaran 9:1 saja ; kecuali seperti Satria F, Jupiter MX, dsm yang sudah di atas 10:1).

Kekurangan dari ZX 130 ini adalah, rasio kompresi tinggi tapi pendinginan masih pakai udara. Tentunya akan ada kecenderungan lebih mudah overheat / panas berlebihan dibanding kendaraan lain yang raiso kompresinya masih di kisar 9:1 yang berpendingin udara juga (namun menurut saya tidak terlalu bermasalah, karena Satria F saja yang rasio kompresinya 10,2 masih aman pakai pendingin udara , namun dibantu oleh oil cooler).

Rasio kompresi sekian (10:1) wajib pakai bahan bakar oktan 92 ke atas. Yakni Pertamax, Super (Shell), dsm. Penggunaan bahan bakar di bawah oktan 92 akan menyebabkan kemungkinan knocking / mengelitik pada mesin besar, mengeletik adalah indikasi tidak sempurnanya pembakaran karena tidak sesuainya bahan bakar, efeknya adalah peforma akan turun jika dibandingkan dengan ketika menggunakan bahan bakar yang sesuai.

Lalu dari peletakkan tangki, tentunya ini fitur yang cukup membuat pengendara nyaman, karena ketika mengisi bensin tidak perlu membuka jok (tangki di depan). Melihat kondisi di luar normal, semisal tabrakan, dsm, tentunya ya bisa jadi memang lebih bahaya bila tangki ada di depan, apalagi kabel-kabel, lampu, dsm dekat dengan tangki.

Tapi saya tekankan, itu kan kondisi tidak normal, sewajarnya penggunaan semestinya hati-hati dan siapa pula yang ingin menabrakkan motornya. Dan dari perancangannya pun kalau memang menabrak, pasti sudah dipertimbangkan faktor kekuatannya supaya tidak sampai segitunya (meledak, dsm). Kendaraan lain pun kalau tabrakannya ekstrim juga mungkin timbul ledakkan, dsm.

Mengingat anda membeli ZX 130 kondisi bekas, saya sarankan cek total kalau bisa ajak rekan yang mengerti supaya tidak tertipu bila ada point yang cacat, dsm (tentunya ini berlaku untuk membeli apapun yang sifatnya bekas).

Harga purnajual kendaraan-kendaraan Kawasaki dari dulu memang tidak sebaik Yamaha dan Honda, ataupun Suzuki. Ini dikarenakan populasinya paling sedikit, pun peminatnya.

Kelebihannya adalah, berarti beli bekasnya pun lebih murah.

Terkait sparepart, ya tentu saja sesuatu yang populasinya lebih sedikit maka sentra yang menjual sparepart juga lebih sedikit, karena itu pula harganya juga mahal. Namun sepengetahuan saya, justru itu kelebihan Kawasaki, sparepart genuine Kawasaki jarang dipalsu dari pada merk Honda & Yamaha.

Terkait perawatan nantinya, sama kok kayak motor bebek umumnya, untuk perawatan sektor tangki jangan lupa lumasi bagian-bagian yang bergerak (di ZX kan bagian depannya menuas bila tangki dibuka, nah itu perlu dilumasi biar tidak macet). Pelumasannya bukan pakai oli, tapi lebih ke ranah dibersihkan semisal pakai penetran semprot WD40, dsm.

Gambar Motor Kawasaki ZX 130 Modifikasi



























Selain itu motor kawasaki zx ini juga sering dijadikan sebagai motor modifikasi, ada banyak konsep modifikasi yang dapat diterapkan pada motor ini. Baik itu gaya sporty, touring, dan lainnya. Dan bagi anda yang ingin mencoba memodifikasi motor kawasaki yang satu ini, mungkin dari beberapa gambar Motor Kawasaki ZX 130 Modifikasi yang baru kami berikan diatas ini dapat memberikan anda inspirasi, mengenai modifikasi yang akan anda terapkan pada motor milik anda.
Advertisement

Buat Pemilik dan Pengendara KAWASAKI ZX 130  tidak perlu berkecil hati bila harus bersandingan dengan motor keluaran terbaru yang makin elite baik dari bentuk maupun kualitasnya akan tetapi kita pengguna kawasaki zx 130 ternya bisa menaikkan kualitas melebihi rata motor yang ber cc diatas 150.

 
SPESIFIKASI KAWASAKI ZX 130 STANDAR

 Type Mesin : 4 langkah, SOHC 2 Katup
Diameter x Langkah : 53,0 x 59,1mm
Jumlah & Isi Silinder : Satu buah & 130cc
Perbandingan Kompresi : 10 : 1
Daya Maksimum : 7,4 KW ( 10,1 PS ) / 7.500 RPM
Torsi Maksimum : 10,7 Nm / 5.500 RPM
Karburator : Keihin NCV24
Sistem Starter : Electric&Kick Starter
Jumlah Transmisi : 4 speed
Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4
Tipe Sistem Reduksi Primer : Gear
Kopling : Centrifugal, Wet multi disc
Tipe sistem final drive : Chain drive
Rasio reduksi : 3.000 ( 42/14 )
Drive rasio keseluruhan : 8.694 @ top gear
Sistem Pengapian : DC-CDI
Sistem Pelumasan Oli : Forced Lubrication ( Wet Sump )
Sistem Pendinginan : Pendinginan dengan udara
Sistem Penyaringan Oli : Double Filter
Kapasitas Pelumas Mesin : 1,1 liter ( kering )
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 3,7 liter
Busi : NGK C6HSA / ND U20FS-U
PanjangxlebarxTinggi : 1904mm x 709mm x 1050mm
Tinggi Tempat Duduk : 752mm
Jarak Poros Roda : 1.248mm
Jarak terendah ke tanah : 142mm
Berat kosong : 104 kg
Tipe Rangka : Pipe Backbone
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ukuran Ban Depan : 70/90 – 17M / C 38P
Ukuran Ban Belakang : 80/90 – 17M / C 44P
Rem Depan : Cakram Twin Pot
Rem Belakang : Drum / Tromol
Pelek Roda : Spoke / Jari-jari, Cast Wheel
Battery MF : Sealed Battery ( B.Kering ) 12 V 3.5 Ahs

SPESIFIKASI  DAN MODIFIKASI KAWASAKI ZX 130 G

piston ZX oversize 100 jadi 135 cc
cam original
karbu PE 26 modif di kabel gas ama choke tarik punya NSR SP, juga per skep di ganti punya Ninja R (PWL26) PJ 35 MJ 95
Porting Polish box filter tambah lubang udara
Papas blok 0,4 ama head (cacat pabrik terpaksa di ratain supaya ga bocor terus)
Bearing krukas SKF C4 (high speed buat ngurangin beban)
CDI XP 301 MC 8 power Koil CMC 5A cop busi mobil NGk
magnet pengirit bensin X Power XP2000
Capasitor 22000uf/80V accu Yuasa YTX5L-BS 4A
Lampu osram 25/25
Ban depan Comet M1 80/90 belakang MP76 90/80
gear ratio TK 14:40 rante 415 DID gold
knalpot standard bobokan
klakson Denso Kijang + rellay
saklar push ON buat ngedim
kampas kopling binter ar125
per klep racing TK (dobel)
per kopling di ganjel ring



SAYURAN PEMBAKAR LEMAK TUBUH


DREAMERSRADIO.COM - Gaya hidup yang kurang baik dapat menyebabkan kegemukan. Biasanya karena sudah lelah dengan aktivitas, orang cenderung mengabaikan makanan apa yang dikonsumsi dan akhirnya lemak pun menumpuk. Hal ini tentu saja tidak bagus karena lama-kelamaan, bukan hanya jadi gemuk, penyakit pun akan berdatangan.
Dilansir dari Boldsky.com, berikut sayuran yang dapat dikonsumsi untuk membakar lemak!

1. Brokoli
Brokoli adalah salah satu sayuran paling sehat karena dapat mencegah kanker. Brokoli adalah makanan yang harus dikonsumsi saat sedang diet karena dapat menunda lapar. Tidak hanya itu, brokoli juga kaya akan kandungan vitamin yang dapat membakar lemak secara alami.

2. Bayam
Bayam dan sayuran daun lainnya mengandung zinc, zat besi dan magnesium. Kandungan vitamin A dan K dapat melancarkan aliran darah dan meningkatkan metabolisme. Karena itulah bayam dapat membakar lemak dalam tubuh.

3. Asparagus
Tidak hanya bagus untuk membakar lemak, asparagus juga baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi asparagus dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme.

4. Wortel
Wortel kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu membakar lemak. Tidak hanya itu, wortel juga ternyata dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Ubi
Siapa sangka ubi dapat membakar lemak? Di samping rasanya yang enak, ubi mengandung potasium dan serat. Kandungan serat inilah yang dapat membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

CARA MERAWAT MOTOR YANG BENAR

 Tips Cara Merawat Motor
Cara merawat motor dengan benar, harus dilakukan untuk membuat kendaraan kesayangan yang kita miliki tahan lama dan tidak boros ke tempat service. Perawatan motor yang tepat tidak hanya membuat motor awet namun, akan membuatnya selalu prima dan tetap terjaga saat digunakan. Untuk itulah, memahami karakteristik motor yang kita gunakan adalah hal yang penting.
Motor terdiri dari komponen yang dirakit menjadi satu, untuk itu bagian-bagian tersebut butuj perawat yang khusus namun bukan tidak mungkin untuk merawat motor sendiri.

Cara Merawat Motor

Bagi sebagian orang, cara merawat motor terlihat begitu rumit yang membuatnya lebih mempercayakan terhadap bengkel. Sebenarnya ada beberapa cara merawat motor sederhana yang bisa dilakukan sendiri seperti berikut :
Mesin transmisi dan jaringan
Seberapa sering harus mengganti oli? Ada beberapa pemikiran, beberapa orang mengatakan harus menggantinya untuk merawat motor matic setiap 3.000 mil, yang lainnya mengatakan setiap 6000 km. Bagaimanapun, oli mesin harus diganti setiap 3 bulan. Seberapa sering perlu memeriksa ketegangan rantai? Setiap 600 mil atau 1000 k, dengan sebagian besar sepeda motor memeriksa ketegangan dengan sepeda di side standnya . Untuk mendapatkan ketegangan yang tepat, kuncinya adalah memiliki suspensi di sag yang benar.
Sistem bahan bakar
Apakah saya perlu mengaktifkan katup bahan bakar off untuk memarkir motor semalam atau lebih lama? Apakah itu tidak membahayakan untuk ditinggalkan? Cara merawat motor dengan benar ini, dengan melihat katup nya. Jika katup mengambang dalam kondisi yang baik dan segala sesuatu yang lain adalah ok, tidak, tidak perlu mematikan bahan bakar. Namun, jika ada sesuatu yang tidak sempurna, hal terbaik adalah gas seluruh sepeda. Apa grade (nilai oktan) bahan bakar yang harus digunakan dan mengapa ? Gunakan oktan minimum yang tidak menyebabkan mesin mengetuk.
Sistem Kelistrikan
Ingin menambahkan lampu tambahan untuk memodifikasi motor, apakah alternator memiliki kapasitas yang cukup untuk melakukan hal ini? Mungkin, karena sport bikes cenderung memiliki alternator cukup besar hanya untuk menjalankan perangkat listrik yang ada dan mengisi baterai. Dapatkah saya menggunakan air mineral untuk dimasukkan ke dalam baterai? Tidak! Mereka mineral akan mematahkan baterai, dan harus air suling.
Memeriksa Tekanan Udara
Jumlah yang disarankan tekanan per inci persegi udara yang ditempatkan ke ban bervariasi tergantung pada produsen ban dan berat badan dan kecepatan rating ban. Cara merawat motor pada rodanya, pastikan untuk memeriksa buku manual untuk tahu persis berapa banyak udara untuk menambah ban. Pengendara sepeda motor harus tetap di atas tekanan ban karena akan meningkat dengan cepat dan meniup udara keluar.

Cara Merawat Motor

Cara merawat motor yang telah dilakukan, juga perlu ditambah dengan tips merawat dalam penggunaan sehari-hari. Berikut ini adalah peraturannya :
  • Memanaskan mesin motor sebelum digunakan selama 15 menit, apalagi setelah tidak digunakan dalam waktu yang lama (kira-kira, semalaman).
  • Memeriksa ketersediaan bahan bakar pada tangki mesin, jangan sampai bahan bakar habis sama sekali atau jarum speedometer telah menunjukkan pada posisi E (empty).
  • Cek keadaan busi agar tetap terjaga agar motor berjalan stabil dan tidak mogok saat digunakan. Apalagi untuk mengecek kelebihan dan kekurangan motor matic karena sangat menentukan laju motor kencang yang masih prima saat membeli motor matic bekas.
  •  Mengubah laju kecepatan secara spontan, misalnya dengan cepat menambah kecepatan kemudian melakukan pengereman  mendadak, akan membuat mesin cepat rusak. Mengoper kecepatan dalam beberapa waktu, akan membuat mesin bekerja lebih ringan.

Cara dan Tips Merawat Motor Matic

 Motor Matic merupakan salah satu kendaraan roda dua yang setiap tahunnya mengalami peningkatan angka penjualannya. Mulai dari produk Honda, Yamaha dan Suzuki yang memproduksi berbagai macam sepeda motor matic. Dengan banyaknya pengguna motor matic tentu membutuhkan perawatan khusu. Merawat motor matic bisa dibilang lebih sulit dari pada motor bebek karena motor matik mempunyai kekurangan tersendiri. Pemakaian motor matic bisa menjadi tolak ukur tingkat kesulitan untuk merawatnya, tidak bisa memuat beban yang berat adalah kekurangan motor matic.

Terjadinya bermacam masalah motor matic membuat kami ingin membantu pengendara untuk mempermudah merawatnya. Kesulitan untuk merawat motor matic menjadi kendala, ketika mengendarainya membuat Anda tidak nyaman. Sepeda motor matic sanangat nyaman ketika digunakan pada jalanan macet, jalanan menanjak dan kondisi saat hujan karena memiliki posisi rem ditangan sehingga mempermudan Anda saat melakukan pengeriman mendadak. Berikut ini adalah cara dan tips merawat motor matic yang kami dapatkan dari berbagai macam sumber di internet dan mekanik otomotif.

Tips Merawat Motor Matic

  1. Tips pertama yaitu memanasi mesin terlebih dahulu jika Anda ingin memakai motor yang biasanya pagi, lakukan hal tersebut nminimal  5-10 menit, setelah selasai motor Anda siap untuk dipakai.
  2. Tips dan cara merawat motor matic berikutnya  adalah mengondisikan kecepatan gas saat mulai menjalankan motor. Saat kecepatan motor dalam kondisi cepat jangan secara tiba-tiba menurunkan gas karena dapat merusak mesin.
  3. Tips yang ketiga yaitu mengecek kondisi tangki mesin, mengecek speedometer motor Anda jika jarum mulai mendekati warna merah usahkan langsumh mengisi bensi. Jangan membiarkan kondisi tangki bensin kosong karena dapat merusak mesin ketika sering mogok bensin.
  4. Cara merawat motor matik keempat adalah rutin mengganti oli, jika Anda mulai melakukan perjalanan 1000 KM dan mengganti oli transmisi motor maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM.
  5. Tips merawat motor matic berikutnya yaitu memeriksa kondisi Aki dan Busi, jika salah satu benda ini ada yang rusak maka mengakibatkan motor Anda mogok.
  6. Periksa Roler dan Ventbeld
    Selalu perhatikan Roler dan ventbelt motor matic anda, jika sudah dalam keadaan tidak layak pakai, maka usahakan menggantinya dengan yang baru secara orisinil
  7. Periksa ruang transmisi dan mengganti Oli Shockbreaker, ketika di dalam ruang transmisi usahkan anda mengecek dan perhatikan, biasanya di dalam ruang transmisi sering masuk kotoran dan debu, usahakan anda bersihkan setelah motor mencapai 4000 Km. Berikutnya mengganti oli shockbreaker setiap motor mactic Anda mencapai 10000 KM, dengan cara ini membuat motor matic nyaman saat dipakai dan mesinnya awet.
Tips tambahan dari kami adalah melakukan pergantian ban saat mulai terlihat tipis karena ban yang tipi dapat  membahayakan anda saat melewati tikungan dah pada kondisi hujan.  Melakukan perawatan kendaraan seperti sepeda motor matic berfungsi untuk memberikan kenyamanan saat memakai, mesin jadi awet dan menghindari terjadinya kerusakan. Semoga tips diatas membantu Anda pengguna motor matic, kunjungi juga artikel kami lainya yang menyediakan berta dan informasi Otomotif. Pada pertemuan sebelunya kami membrikan informasi mobil tercepat di dunia yang bisa anda temukan di situs kami.